STORY TELLING TERAKHIR

10 November 2013
   10 November 1945 adalah hari yang spesial di Indonesia, khusunya di Surabaya. Karena pada tanggal tersebut terjadilah perang dahsyat. Arek-arek Suroboyo melawan pasukan sekutu yang diboncengi oleh NICA ("Pemerintahan Sipil Hindia Belanda"). Dan di tahun 2013 ini bertepatan dengan hari libur (minggu). Mungkin beberapa orang merayakannya dengan upacara, berkabung, atau tradisi penghormatan lainnya yang tidak ku ketahui. Aku merayakan hari ini dengan berbahasa Inggris ria... Bukannya gak cinta bahasa Indonesia, tapi berbahasa Inggris ria saat mengikuti lomba "Story telling" yang diadakan oleh UNESA...

   Story telling adalah lomba yang membutuhkan kesabaran dan keuletan yang tinggi. Memang sih, aku belum pernah menang. Paling hanya sampai babak semi-final dan itupun aja gak lolos ke babak final. Tapi, tentu lah aku mendapatkan banyak pelajaran yang berharga.. Walaupun gak seberapa. Aku akan ceritakan semua itu.

10 November 2013
Pertama kali aku mengikuti lomba ini, tepatnya di SMAMDA Sidoarjo (acara ma award-november) aku membawakan mitologi dari negeri Olimpus,tentang seorang raja yang tersohor karena sentuhan emasnya. Yah! pasti kalian mengetahuinya! positifnya saat itu adalah, lomba itu tidak menggunakan properti ataupun kostum. Sederhana dan mudah. Dan lagi jurinya adalah orang asing (mungkin guru asing disana x_x). His name is Timothy, he already had a son. Di saat aku membawakan cerita tersebut, aku tak terlalu kesusahan, karena pemikiranku masih fresh akan "apa sih sotry telling itu.." Oiya, saat itu, perwakilan dari sekolahku ada 3 orang (untuk story telling) 2 cewek dan aku cowok sendiri.

   Menurut opini saya, juri asing itu lebih melihat dari segi pengucapan,pelafalan,dll. Yang diprioritaskan itu, bukan tentang teatrikal. Terbukti saat aku final, dapat giliran pertama. Disana ada 3 juri, si mr. Timothy dan 2 juri Indonesia. Awalnya aku optimis untuk menang (HARUS!) tapi ternyata teatrikal ku masih kalah dengan teatrikal yang dibawakan oleh anak-anak dibawah umurku. Ada yang membawakan tentang reog Ponorogo samibl "HOG YA, HOG-YA" ada juga yang mengambil cerita tentang matahari dan bulan (kalau tidak salah). Intonasi mereka mengikuti alur cerita sehingga membuahkan suatu keserasian nada. Mimik mereka juga tak kalah bagus nya. Bagus dan "kena". Dibandingkan aku, yang agak-agak malu dan agak letih saat itu. Yah,yah,yah tak apa-apa lah.. Namanya aja juga awal-awal, sudah Alhamdulillah sekali. Baru pertama kali ikut, eh masuk semi-final.

 "King Midas was a very rich man, who had a beautiful daughter named Phillomena.......... . . ... . . ..."

Itu tadi yang pertama. Sekarang yang kedua kalinya. Aku mengikuti lomba stor telling yang diadakan oleh Stikom. Cerita yang dibawakan harus berasal dari "tanah jawi". Entah dari jawa timur, jawa tengah ataupun jawa barat. Pokoknya dari Jawa! okelah, awalnya aku bingung. Harus cerita apa yang aku bawakan nanti saat lomba? kalau Banyuwangi adik kelasku sudah memakainya. Kalau tentang Joko Seger dan Roro Anteng pun pasti sudah banyak yang menggunakannya. Akhirnya setelah penantian panjang (emang Nikita Willy :p) aku menemukan suatu cerita yaitu "The Legend of Baturaden. Batur mean servant and raden mean nobility." Aduh anda tahu? propertiku adalah hanya kostum, tidak ada yang lain! Ditambah lagi saat pertemuan sebelum lomba, aku tidak ikut menghadiri. Dan aku mendapatkan nomor urut PERTAMA!!    "OH MY GOD!"

   Mendapatkan nomor urut pertama itu sesuatu banget! menjadi tolak ukur bagi orang lain dan gugup di awal-awal.. Parahnya, pada saat itu aku juga agak gagap saat memberitahukan ceritaku... OH DEAR.. Ditambah lagi kejengkelanku sama satu juri di kelasku! mangkel banget. Mangkel karena suatu ketidakpastian....
           Waktu istirahat pun tiba, menunggu dengan deg-deg an dan bertemu dengan pembimbing ku, ibu Tanti Puspitorini.. Beliau berkata..,

"Loh gapapa toh Ren, di nomor urut pertama, setidaknya menjadi awal yang berkesan.."
   
        Yahhh,,, yaudalah kalau itu menurut beliau.. Akhirnya setelah lama menunggu, peserta story telling dikumpulkan di dalam satu kelas dan dibacakan siapa-siapa yang masuk ke babak semi-final... DAN AKU GA MASUK!! Marah lagi deh, si Rendra Nugraha. Rasanya pas waktu itu pingin langsung keluar lagi. Lomba dan jurinya menjengkelkan... Darisitu aku dapatkan suatu kesimpulan yang mungkin tak semua orang setuju akan hal tersebut....

"Lomba ketiga sekaligus yang terakhir bagiku adalah kemarin tanggal 10 November 2013"
 

    Bersama Fakhri Adha Nugroho, (sekilas hampir mirip dengan Nugraha, tapi tidak). Kita berdua adalah perwakilan Smamda Surabaya di lomba story telling yang diadakan oleh UNESA... Aku salut sama mereka. Walaupun mungkin tempatnya tergolong sederhana tapi mereka enggak molor. Peraturan mereka berbicara harus datang pukul 06.00 untuk melakukan registrasi ulang. Lalu 30 menit kemudian lombanya akan dimulai.. Dan ternyata jumlah pesertanya ada 62 atau 63 orang gitu..
    But there's something different during that day. My hair was half brown mahogany and, half black! and i adore that. Walaupun hanya sementara tapi itu sudah membuatku sumringah. Hehe.. Oiya propertiku hanyalah kostum ala Caesar YKS dan 3 buah plastik berglitter emas. Sangat menyenangkan.. Aku dapat nomor urut 3.. Alhamdulillah.. Enggak dapat nomor urut sampai 40 atau seterusnya.
Hari itu aku tidak mau menjadi ambisius layaknya di Stikom sebelumnya, aku hanya mau mengikuti lomba itu semata-mata karena Allah.  Enggak lupa juga aku mendapatkan kenalan baru anak Sma negeri Gresik (gatau berapa)

        Optimis dan ketenangan adalah hal yang aku butuhkan saat itu, sret,sret,srett... Lomba sudah aku lewati menggunakan mik. Tapi sayangnya, durasi 5 menit terasa terlalu cepat. APA?!
   Fakhri, adik kelasku optimis sekali bahwa aku akan menempati juara pertama. Akan tetapi hatiku berkata "amin." Terkadang pula ngomong "halah berlebihan kok."

   Story telling adalah lomba terlama saat itu.. Mengalahkan waktu debate dan speech. Agak lama, dan agak bosan, tetapi harus tetap menghargai orang lain yang sedang tampil. Dibarengi dengan acara ngemil dan berbincang-bincang dengan Fakhri Nugroho (yang kebetulan sewangsa tapi tidak sekeluarga)..

Akhirnya, aku mendapatkan jawaban dari usahaku. AKU KALAH :') tidak ada babak semi-final ataupun babak final. Jadi hanya tampil sekali lalu selesai. Aku suka sih cara seperti itu, ada positif dan negatifnya. Pasti!
Tapi Unesa itu pintar,cerdas. Mereka menyuguhkan penampilan yang fenomenal yaitu orkestra dan Yosakoi. Sehingga peserta tidak dibuat kaget dan marah. Justru malah dihibur dan dibuat santai terlebih dahulu..
Awalnya aku mangkel, tapi hari selanjutnya ya merasa biasa saja....

          Tapi kalau aku boleh berkata. Juri Indonesia itu sedikit "MANGKELNO". Ha?? kenapaa? Jawabannya simpel. Karena banyak dari juri pribumi yang ku temui, mereka hanya menilai dari segi teatrikalnya sahaja. Bukan dari pronounciation, fluency dan penguasaan cerita pastinya. Dulu, sebelum mengikuti UNESA, aku sempat jengkel karena salah satu perilaku juri di perlombaan story telling di salah satu kampus di Surabaya. Tau nggak? ada juri yang gak jelas! entah dia senyum, entah dia biasa (nggak senyum nggak marah- pokoknya biasa!) dan itu membuatku sedikit kesusahan untuk membaca situasi pada saat itu. Ditambah lagi dengan nomor urut pertamaku dan jengkelnya lagi, karena juri tersebut!


Tapi tetap. Bagi kalian yang hendak atau masih berkecimpung di dunia "Sotry telling" tetaplah bersabar dan berkomitmen. Cobalah hal baru, jangan takut untuk mengekspresikan diri, mimik dan gerakan saat tampil. Anggaplah juri sebagai manusia biasa, yang tidak terlalu menentukan hidup dan matimu. Kendalikan emosimu, terutama rasa malumu. Jangan pernah cemas, kalian pasti punya cara tersendiri untuk menaklukan rasa takut kalian semua. Dan satu saran yang paling penting dariku selama kamu tampil membawakan suatu cerita entah itu story telling atau yang lainnya.


"Jangan pedulikan apa yang kamu lakukan saat kamu tampil membawakan suatu cerita. Malu adalah sebagian dari iman. Tapi untuk hal ini, rasa malumu bisa menghambatmu. Dan jika itu terjadi, pesan dari cerita yang akan kau sampaikan tidak tersampaikan dengan semestinya."




Ceramah yang menggugah





Tanggal 4 November 2013, tepatnya hari senin, Smamda mengadakan acara untuk memperingati tahun baru Islam. Diisi dengan ceramah yang menarik dan beberapa lomba. Katanya kepala sekolahku, (Bu Mas'ad) tujuan dari diadakan acara tersebut adalah untuk melekatkan kita (warga Smamda) akan tahun baru Islam, khususnya penanggalan Hijiriah. Sehingga, tidak hanya penanggalan masehi saja yang dikenal, akan tetapi penanggalan Hijriah pun juga dikenal.
Tahun baru Hijriah 1435. Sebagian orang beranggapan bahwa merayakan tahun baru hijriah adalah perbuatan Bid'ah. Dengan alasan karena dahulu pada jaman pasca hijrah tidak dirayakan seperti saat ini.

    Pada hari itu aku mendapatkan banyak pelajaran penting akan sesuatu yang mungkin "kasat mata" oleh kebanyakan manusia, khusunya manusia yang berkewarganegaraan Indonesia. Salah satunya adalah tentang Jepang. Penceramahku bertutur seperti ini..

"(Sambil menunjukan gambar jalanan macet) Kalau saya macet itu, saya marah. Marah bukan karena macetnya, tapi karena banyak produk Jepang yang digunakan. Kapan? kapan Indonesia bisa menciptakan sepeda motor sendiri?"
    Memang kata-kata itu sedikit menggelitik, tapi juga membuatku sadar pula akan Jepang yang secara tidak langsung masih menjajah kita, orang Indonesia. Penceramahku tersebut bergelar doktor, yang kebetulan juga pernah tinggal di kota Hiroshima (anda pasti tahu kan??) selama 5 tahun. Hal yang aku tangkap adalah, Indonesia perlu mengambil beberapa pelajaran dari sistem-sistem yang berlaku di Jepang. Terutama soal pendidikan.

Sesuai dengan pengakuan penceramahku, Beliau tinggal di dekat "Monumen perdamaian Hiroshima" selama 5 tahun.
                Kata penceramahku tadi, untuk mengajarkan anak sd berhitung, murid-murid sd di Jepang membawa seikat tusuk sate, jadi bila seandainya terdapat soal 5+5 =?, maka siswa-siswi Jepang tersebut mengambil 5 tusuk sate lalu mengambil sisanya lagi, dan akhirnya digabungkan lagi menjadi angka yang dituju. (5+5=10). Sistem pendidikan di Indonesia kan memang sudah dijejali teori yang sebegitu banyak, bahkan sejak dini, dan bisa dikatakan teorinya kurang. Itu tadi Matematika kan, sekarang biologi, penceramahku tadi melanjutkan..

"Di Jepang, Murid-murid disuruh membawa tanaman. Mereka sendiri yang akan melihat serta mencatat perkembangan-perkembangan tanaman tersebut dari hari ke hari, lalu dipresentasikan di depan kelas.."

Masalah kendaraan pun juga telah diatur oleh pemerintah. Di Jepang, katanya anak sd wajib berjalan kaki. Tak perduli seberapa tinggikah derajat ayah atau ibunya sekalipun. Untuk anak smp-sma, di sana diwajibkan menaiki sepeda onteL! kalau jauh gimana??? kalau jauh naik bis atau kereta kota.
Sedangkan di Indonesia? murid sma saja sudah ada yang menaiki sepeda motor/ mobil. Bahkan kita tak jarang menemukan anak sd yang masih bocah, bisa menaiki sepeda motor! CengLu (gonceng telu/tiga) gak berhelm lagi! Bayangkan di Jepang? produk otomotif buatan Jepang berkuasa disini tapi? disana anak seusiaku aja dilarang! Dapat ditarik kesimpulan bahwa, pemerintah sini, perlu untuk membuat kebjakan yang tegas. Bukan kebijakan yang bisa dibeli-beli.

   Tapi sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang utama untuk aku bahas di postingan kali ini. Hal yang aku mau bahas adalah, wawasan baruku tentang Islam dan Qur'an. Memang sebagian dari kalian pasti ada yang gak setuju kalau selama ini itu banyak dari persepsi orang mengenai Qur'an itu hanyalah tentang masalah sosiall muluu... Di antara kalian pasti ada yang kontra dengan hal tsb.
      
Al Qur'anul Karim

       Tapi ya itu tadi, ceramah berjudul "Sains dan teknologi dalam perspektif Islam" menyadarkanku betapa hebatnya mukjizat akhir zaman tersebut. Selain membahas tentang kerohanian, 1/8 ayat dari Qur'an membahas tentang sains/ilmu pengetahuan alam. Lebih banyak daripada ayat yang menjabarkan tentang fikih, dan hukum-hukum lainnya. Dan mungkin ada orang yang memisahkan antara ilmu pengetahuan dan Qur'an itu terpisah. Terpisah dalam artian tidak ada hubungan antara kedua hal tersebut. Anggapan itu adalah SALAH! lo kenapa?? kok bisa begitu? mungkin buat kalian yang masih berpikiran begitu, perlu anda renungkan kata ini..

"Sesungguhnya semua ilmu itu berasal dari sisi Allah"
Hal lain yang ingin aku bahas adalah betapa banyak rahasia yang tertuang di dalam Qur'an. Jika kalian adalah seorang mu'allaf yang membaca blog ini (khusunya postingan ini) sedang anda dalam kondisi yang telah menguasai Al-Qur'an, maka saya acungi 2 jempol!! Tapi bukan berarti yang belum menguasai juga terlambat. Ingat tidak ada kata terlambat dalam menimba ilmu pengetahuan. Rahasianya itu banyak sekaliiiii...... Diantaranya kesimetrisan antara 2 kata, yang dipecah dan diurutkan. Akan menjadi suatu kata yang sepadan dan simetris. Filosofinya adalah,

"Jika kalian hidup dekat dengan-Nya, maka hidup anda akan harmoni, akan simetris."

Begitulah. Selain itu, jika kita ingin memahami Qur'an lebih jauh, kita tentunya harus menguasai bahasa Arab terlebih dahulu. Oiya, kata penceramahku tadi gini.

"Orang kafir, jika ingin menyerang umat muslim melalui jalur fisik, pastilah muslim itu akan berbondong-bondong melawan. Lalu bagaimana caranya? dengan menjauhkan mereka dari Al Qur'an dan juga bahasa Arab!"
Terbukti kan? semoga kita tak termasuk orang yang dijauhkan dari Qur'an. Amin. Oiya..... Mungkin dari kalian ada yang bertanya, kenapa Qur'an diturunkan menggunakan bahasa Arab?? Pada terjemahan QS.Yusuf(12) ayat 2 berbunyi,

"12-2: Sesungguhnya Kami (Allah) turunkannya, (sebagai) al-Qur’an berbahasa Arab, supaya kamu memikirkannya."
Bagaimana? itulah satu dari banyak jawabannya yang bisa Alhamdulillah masih saya ingat.
pada akhirnya, saya mengucapkan.


SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1435

BB (2)

SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA


Adalah sekolahku setelah aku lulus dari Spemma (Smp Muhammadiyah 5 Surabaya). Awal tahun aku lewati dengan merasa terasing, merasa sendiri dan merasa dikhianati.Kelas 10 memang tahap paling stagnan di dalam sejarah sma-ku. Memang banyak sekitar 50 anak (angkatanku) yang memasuki Smamda bersamaku. Akan tetapi mereka tidak memahamiku dan mengerti perasaan sendiriku saat itu (hanya perasaanku sahaja). 
       
               Selain itu,  saat aku menjadi murid Smamda, aku belum sepenuhnya ikhlas keluar dari Spemma, lagi-lagi memang semua itu kesalahanku. Awal tahun aku jalani dengan merana, karena kesedihanku sendiri. Saat itu pula, aku selalu melihat masa laluku dan lupa akan masa yang aku hadapi saat itu.. Dan pada saat itu pula, aku tak terlalu memeperhatikan BB disebabkan karena keadaanku tadi yang kurang memungkinkan. Akan tetapi, smeester 2 jauh lebih baik, karena teman-temanku mulai menggodaku. Dengan begitu lama-kelamaan aku menjadi lebih terbuka dan kita bisa melontarkan candaan satu sama lain.

           Aku pertama kali memasuki Smamda tepatnya tanggal 10 Juli 2011, untuk pengarahan masa orientasi siswa, yang kalau di dunia Muhammadiyah diganti namanya menjadi "Fortasi" (Forum Ta'aruf Siswa). Weew..~ ~
                  Aku bukanlah Rendra yang seperti dahulu di smp. Perhatian sekali sama BB, sangking perhatiannya sampai berlebihan dan akhirnya mempermalukannya. Maaf ya....
   Perubahan berangsur-angsur terjadi. Di kelas 11 Ips 1, kondisinya sangat mendukungku untuk maju, mengembangkan bakat serta kemampuanku. Di kelas itu pula pertama kalinya aku menjadi ketua kelas (tapi dari semester 2 aja..) Nah! di kelas 11 inilah klimaks keduanya...

               Jauh sebelum aku meninggalkan Surabaya selama seminggu untuk pergi belajar bahasa Inggris di Pare, tepatnya saat liburan kenaikan kelas. Tepat sehari sebelum aku pergi ke Pare, aku pergi bersama Nuzulia ke warnet Barretta, disana aku diperkenalkan dengan software edit foto, lalu aku edit fotoku, diapit dengan D di kiri dan BB di kanan. Tujuanku adalah untuk kesenangan semata, tidak ada dalam benakku saat itu untuk mempermalukan salah satu dari mereka. Akan tetapi foto inilah yang mungkin menambah kebencian BB terhadapku....

       Berawal dari tersimpan rapatnya foto tersebut di Blackberry milikku. Lalu,teman kelasku yang tergolong jail meminjam bbku untuk sesaat dan mengirim foto tersbut ke bb miliknya... Saat aku mengetahui hal tsb, aku langsung tanya seakan-akan aku curiga sama dia. Foto tersbeut aku namai "Special." Dan yang terkirim adalah special itu tadi! lantas aku menanyakan foto apa yang dia kirim.. Dia mengelak dengan mengatakan "Bukan,ini lohh, fotomu yang sama cewek (Nuzulia) di taman-taman itu lohh..,," Aku diam tak percaya, tapi apa daya? jam sudah menunjukan waktu untuk sholat Dzuhur, aku harus bergegas karena aku tidak suka duduk belakangan. Karena bagiku itu tempat anak-anak nakal..... 

Sorenya, aku di PING!!!banyak sekali oleh pacarnya BB berakronim DM. Lantas aku bertanya, "Ada apa??" ehh, habis gitu dia langsung marah-marah.. Aku sebagai orang yang tidak tahu apa-apa diam sambil bertanya-tanya, "Ada gerangan apa dia spti itu???" Ternyata dia menanyakan soal foto special yang bocor. Awalnya aku jg bertanya, kok bisa??? ternyata benar, lewat teman sekelas ku tadi dan sampai pada tangannya BB... Anehnya, kenapa ceweknya yang justru melabrakku? kan masalahku bukan sama DW? darisitu yang awalnya aku berteman dengan BB di bbm seketika lenyap. dan FB ku pun tak luput dari perhatiannya. - DIBLOKIR. Sampai malam aku beradu pendapat sama DW, dengan berbagai alasannya katanya aku orangnya speti apa lah kalau sama BB, ganas lah apalah.. ufft... Tak lama setelah itu DW juga mendelcont bbm ku dan mungkin, mungkin, dan mungkin juga memblokir fb ku.

Tak lama setelah kejadian itu, aku mendapatkan banyak saran dari banyak orang yang aku curhati. Dan yang paling penting adalah aku mendapatkan kesimpulan bahwa sejatinya BB lah yang pengecut saat menghadapi suatu masalah....

Suatu ketika, aku sholat, dibelakangku ada BB dan FI (teman sekelasku td) setelah selesai sholat Dzuhur, aku mendapatkan chat dari FI bertuliskan.. 

KOEN BENCONG! AKU GAK MAAFNO KOEN SLAMANYA!!
   Lantas aku bertanya, siapa yang ngirim itu? jawabnya "BB Ren,." Hufft bukannya dia ya yang sebenarnya bencong dalam menghadapi suatu masalah? kenapa harus lari? dengan seribu bahkan jutaan alasan lucu..
di situlah klimaks kedua yang aku maksut. Klimaks tersebut terjadi saat aku duduk di kelas 11 Ips 1.


Kelas 12 Ips 1.
   Di kelas ini, aku kembali digegerkan oleh dia, padahal perlahan-lahan aku mulai bisa melupakan dia, dan beralih ke yang lainnya. Tapi aku daridulu Smp sangat berharap utk bisa menjadi sahabatnya, dan Allah belum mengabulkannya..

        Saat aku mulai bisa melupakannya,mulai bisa menghilangkan ukiran namanya di hati dan otaku dia datang kembali hauufttt..

    Saat aku les, ada bm (broadcast message) bertuliskan "invite RI sekian,sekian,sekian...." Aku mikirnya, bb barunya, saat sudah dia terima aku menjadi temannya di bbm, kita berbicara sebentar... Lalu dia berkata, "Ren, BB nggoleki (nyari) PIN bbm mu lo,,," sekilas aku pikir itu hanyalah lelucon, setelah sreeeetttt lama chat-chat an sama RI, aku mendapatkan 1 friend request dan itu BENAR! dari BB!!! 
   
     Senang,kaget, sekaligus bertanya-tanya itulah yang aku rasakan saat itu, temanku Herdian pun ikut bertanya, "kamu kenapa?? gpp ta??" aku menerima permintaan tsb, akan tetapi pada saat itu sinyalnya jelek, jadinya harus aku matikan dulu bbm ku. (Kondisi itu saat mau selesai les..) Aku pergi ke motor ku dan menyalakan bb ku lg, melihat apakah sudah ada sinyal. Disana memang tertuliskan bahwa aku dan BB sudah menjadi teman bbm.. Seribu pertanyaan mengelabui pikiranku, hendak menanyakan dia sesuatu , TAPI, alangkah kecewanya aku, setelah smpai di rumah, dia telah menghapus pertemanan kita yang tadi..

EH TAK LAMA SETELAH ITU..


Teman dekatnya berinisial ABA mengechatku di fb.. Begini dialognya;

ABA: ren, km dicariin BB lo, 
          ini aku lg sma dia...,
R: ha? masak?
ABA: km g kgn ta sm dia? 
  (mengulangi 3 kali)
R: (awalnya aku bingung, jika aku menjawab "YA" pastilah si BB tambah ilfeel..)
     hmmm....
     gatau ya....
     (dan akhirnya,) hmm, aku g ada HAK bwt kangen sm dia,,
     udah kalau km bercanda gausah gitu,,
ABA: lo, ak g bercanda, ini serius ren...
R: owh, serius :D
ABA: iya,
          kamu dpt salam lo...
R: dr??
ABA: dr BB lah..
R: haa? bukannya dia nek ya sama aku gara-gara foto yang dulu??
ABA : ITU DULU REN, SEKARANG BEDA...

     Kalau kalian jadi aku gimana? bingung kan? itulah yang aku rasakan saat ini.. Hufft,, Banyak orang yang tak curhati, beragam! ada yang pro dan ada pula yang kontra.

Bu Kar (kontra): "Udahlah, itu sesuatu yang tidak penting. Takutnya kamu itu dipermainkan sama dia, takutnya juga itu cuman bercandaan doang..."

Fahma (pro): "Aku liat di wajahnya itu kayak ada masalah gitu, mungkin dia btuh orang yang bisa care sama dia, yang bisa dia ajak curhat.. Dan mungkin aja itu kamu.."

Kakak Tegar syang (pro-netral): "ya kalau menurutku dia itu kyk sadar sm kesalahanny dulu, dan mungkin mau memperbaikinya,, tapi aku takut juga kamu dipermainkan..."

Bu Bett (pro): "Mungkin aja dia pingin menjalin pertemanan sm kamu lg ren, tp dia malu utk memulai, gengsi."

Dan masih banyak lagi.. Pada saat itu yang aku butuhkan hanyalah semangat, mangkanya aku curhat kepada banyak orang termasuk mereka :D . Ceritanya panjang dan berlika-liku.. Mungkin jika ada sesuatu yang baru, Insya Allah aku tuliskan lagi lanjutannya...

BB (1)

RENDRA NUGRAHA
   Jika kalian orang yang mengenaliku atau dekat denganku pastilah kalian tahu siapa BB itu.. Maaf kepada BB sebelumnya, karena aku telah banyak salah kepadamu. Maaf yang sebesar-besarnya..

  Aku membuat catatan ini tepat di saat hari lahirnya, Ya 2 November,2013. Entah mengapa cerita hidupku yang paling berlika-liku hanyalah ceritaku dengannya. Gak tahu lagi kenapa, apa memang sudah begitu jalannya atau memang itu sudah rencana Allah SWT.

     Berawal dari sekolah menengah pertama, Muhammadiyah 5 Surabaya. Awalnya aku suka sama orang lain, dan saat suka sama orang itu rasanya masuk sekolah itu SEMMMAAANNGAAAT BAANGET.. Tapi entah mengapa semenjak ada temanku berkata "Ren,itu lo BB, Cakep tuh!" entah seketika langsung kesemsem sama dia. Oh La La. Yah, aku pun berusaha darisitu. Berusaha untuk berkenalan dengannya,bisa dekat dengannya dengan cara yang paling "hips" saat itu, sms-an. Memang,awal cerita menunjukan keadaan yang baik-baik saja, keadaan yang damai nan sentosa.. 
   Sms-an yang sampai sekarang masih aku ingat adalah begini...

B: Nilai bahasa Arab,, sekian, nilai ini sekian , nilai itu sekian.... Kamu brp ren?? (Lupa apa aja.. :p)
R: Aku . ..  bla.bla.bla... (Lupa juga apa dan berapa yg tak sebutin..)
lalu . ..  
B: kamu udh nyampe' rumah ta?
R: udh, knp??
B: Kamu g makan? g mandi???
R: oh, klo makan aku nanti, kalau mandi ya sore..
B: lo knp g makan???
R: Lagi g nafsu..
B: LO KNP?? MAU TAK SUAPIN TA??
R: HA?? bnran???
B: hahaha,, enggk ,enggk bercanda...

  Sekilas begitu. Tapi itu membuat mataku melotot bersmaan dengan ternganganya mulutku.. Kaget tak tertahankan, "apa bener? apa bener dia ngmg sprti itu??? " Awalnya aku damai-damai saja,, sampai pada akhirnya hubungan pertemanan kita kandas karena ulah ku sendiri... HUUFTTT...
          
         Pada saat itu, katanya dia lagi perjalanan ke rumah neneknya dengan kereta api. Aku sms gak dibales,bales... Siapa yg g kesel??? aku kirimin dia smsssss teruss, eh ujung-ujungnya... Marah... :(
Saat itu, dia bagaikan seseorang yang meluapkan amarahnya dengan sangat kencangnya. Pandangan subjektifku sih pas itu dia marah besar sama aku, mengeluarkan semua unek-uneknya tentangku waktu itu. Sakit memang,tapi aku waktu itu juga masih hijau, ibarat cabe. Masih labil sangat dan masih gak sabaran serta masih egois... Kelas 7 berakhir ke kelas 8.... Betapa merananya, mengejar-ngejar dia, tapi gak ada respon? justru malah membenci,memaki dan menjauhi. Tapi jangan anggap dia jelek. Memang semua itu berawal dari kesalahanku. Tapi apa daya? tak bisa berbuat apa-apa saat itu. Hanya bisa berharap,mengejar tapi tak berusaha tuk menggapainya..

           Kelas 8 berakhir ke kelas 9, disinilah mungkin bisa dikatakan klimaks pertamanya. Aku sekelas sama DIA???? WWWHAAATT??? dari situ, aku menutupi Rendra yang pemalas menjadi Rendra yang rajin, yang awalnya tidak membawa kotak pensil, akhirnya membawanya. Tapi lama-kelamaan hal tsb melelahkan qalbu dan fisik pula. Aku gak bisa selamanya berkamuflase, menjadi sesuatu yang mungkin bukan diriku dengan cara dipaksakan.. Akhirnya lambat laun aku mulai menunjukan aku yang biasa-biasa saja.. Pada waktu itu, aku kebanyakan ke-Gr an, karena banyak dari laporan-laporan teman-temanku yang mengatakan "Ren kamu dicariin lo, Ren kamu gini,gitu, aaarrrgghhh" Hal tersebut membuatku kecewa.

    Dan yang paling membuatku kecewa adalah, dia suka sama anak sekelas dan menunjukannya terang-terangan di depanku!! Bagaimana perasaan kaliaan??? HHuufft.. AKu juga tak tahu harus apa saat itu, untungnya banyak teman ekatku disana jadinya tidak merasa terasing. Dan juga ada Alvitra, temanku yang kocak dan Alay 83udZ. Karenanya, aku jadi tertular virus-virus alay :D .


DELF (2013)


BONJOUR MES CAMARADES !!!

  Pada postingan kali ini, aku mau cerita sedikit tentang DELF
DELF (Diplôme d'études en langue française) adalah ujian bahasa Perancis (semacam TOEFL untuk bahasa Inggris) yang akan aku ikuti pada tanggal 18-November-2013 mendatang. Dan pada tanggal itu bertepatan dengan hari lahir ibuku tercinta, Sri Utami. Akan tetapi, jika kita lulus mengikuti ujiannya, kita mendapatkan sertifikat yang berlaku seumur hidup dan di seluruh negara Francophonie. Akan tetapi, kali ini aku akan mengikuti DELF Junior. Mengingat umurku yang masih hijau, 17.
DELF terdiri dari beberapa tingkatan, diantaranya;

        1. A1
        2. A2
        3. B1
        4. B2
        5. C1
        6. C2

  Untuk yang pertama kalinya, aku mengikuti DELF tingkatan "A1." Walaupun beberapa guru kursus ku "belum menganjurkan" ku untuk mengikutinya tapi tak banyak juga yang memberiku dukungan...
"AYO REN GAPAPA IKUT! BIAR NANTI KALAU UDAH IKUT KASIH TAU GIMANA BENTUK SOALNYA.."
"AYO REN, GAPAPA COBA AJA."

      Begitulah beberapa dukungan dari mereka. Sebenarnya hatiku juga menyemangatiku untuk ikut itu, bukan untuk coba-coba ataupun apa, tapi untuk mengukur sampai mana kemampuan bahasa Perancis ku. Memang, aku belajar bahasa nomor 2 di Eropa tersebut kira-kira sejak pertengahan tahun 2011. Awalnya nih, aku NGEBLANK pol alias kosong, tidak mengerti apa-apa. Mungkin bagi beberapa orang yang mempelajari bahasa Perancis kesusahan bagaimana cara membaca suatu kalimat, nada sengau,dll. Tapi awalnya, tata bahasanya lah yang membingungkanku. Banyak sekali konjugasi yang aku sendiri kaget menyaksikannya (Lebay) Tapi yahh, seiring dengan berjalannya waktu, aku mulai meyakinkan diriku bahwa bahasa Perancis itu menyenangkan dan bahasa yang mudah!

    Dan pada akhirnya, di awal tahun ajaran baru 2013-2014, aku bergabung lagi ke CCL (berubah menjadi IFI Surabaya.) Ternyata kalau menurutku, memang lebih efektif belajar waktu 2 jam tetapi istiqamah daripada belajar 4 jam dan pada akhirnya,, NGGAK dapat apa-apa.

  Jadi, pelajaran yang bisa aku ambil darisitu adalah, bagaimana cara memahami suatu ilmu. Dan memang betul, kalau kita belajar sesuatu, kita tidak bisa langsung bisa, laksana bayi yang baru dilahirkan. Pastinya, membutuhkan kesabaran dan perjuangan. Begitu pula dengan apa yang aku alami ini, dan mungkin kalian juga pernah merasa saat kalian belajar entah itu matematika,bahasa Inggris,Geografi,Sejarah,atau apapun itu, kalian pasti pernah merasa ingin langsung dapat banyak. Akan tetapi yah seperti yang udah aku omongin diatas, lebih baik sedikit tapi istiqamah daripada banyak tapi NIHIL.
 
LA TOUR EIFFEL,PARIS
LA TOUR EIFFEL,PARIS
NOTRE DAME DE PARIS
ARC DE TRIOMPHE
BEBERAPA TIPS BELAJAR BAHASA PRANCIS
   
 Nah! Untuk kalian yang ingin mempelajari bahasa yang katanya bahasa teromantis di dunia ini, atau yang masih kesusahan menemukan jalan mudahnya, nih saya mempunyai beberapa saran yang semoga bisa membantu anda sekalian.

 PERTAMA: Jika anda adalah orang awam, atau orang yang ingin belajar bahasa Perancis secara otodidak, pilihlah buku yang paling cocok untuk anda (entah itu mudah untuk anda pahami, atau desain buku yang membuat anda senang saat mempelajari bahasa Perancis).

KEDUA: Belilah buku pelajaran bahasa Perancis yang terdapat CD-nya. Kenapa? karena selain anda memahami struktur bahasa Perancis, penting juga untuk anda ketahui bagaimana cara melafalkan suatu kata. Mendengarkan lalu menirukan suatu pelafalan adalah cara yang paling efektif untuk cepat bisa berbahasa Perancis.Karena ingat! jika anda tidak bisa membaca suatu kata, (lebih-lebih kalimat) dalam suatu bahasa, apa jadinya anda? meskipun anda telah menguasai ratusan konjugasi dan tata bahasanya.

KETIGA: Belilah 2 buku yang berbeda. Satu buku untuk kesemua hal (tata bahasa,tata cara pengucapan + CD,kala-waktu,konjugasi,dll). Dan buku yang kedua untuk mengupas lengkap tata bahasa Perancis. Akan tetapi, jika anda merasa cukup mempunyai 1 buku, itu pun tidak apa-apa.

KEEMPAT: Saya menyarankan bahwa anda lebih baik mengikuti kursus bahasa Prancis di kota anda. Entah itu dari IFI, atau kursus privat. Karena, menurut pengalaman saya antara belajar otodidak dan belajar lewat kursus mempunyai kelebihannya masing-masing.
Jika anda mempelajari suatu bahasa dengan cara otodidak, maka apa yang anda pelajari Insya Allah akan mudah untuk anda ingat, karena betapa kerasnya perjuangan anda mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang berputar-putar di kepala anda. Lalu, keuntungan belajar melalui kursus adalah, anda tidak perlu berjuang keras layaknya orang-orang yang belajar bahasa Perancis secara otodidak, nah positifnya yang lain adalah, saat anda belajar melalui kursus, anda akan diberikan materi secara urut dan berkesinambungan. Tapi mungkin dari kalian sudah ada yang pernah belajar otodidak dan berhasil? saya ucapkan SELAMAT! karena kehebatan kalian dalam bersabar dan berjuang!

TERAKHIR (YANG PALING PENTING): poin yang paling penting dari kesemuanya adalah, keyakinan dan kessungguhan anda dalam belajar bahasa Perancis. Jangan sekali-kali mindset anda mengatakan..
"ADUH SUSAHNYA BAHASA PERANCIS.."
"ADUH, KALAU AKU TAHU BEGINI, BAGAIMANA AKU BISA MEMPELAJARINYA? SUSAH SEKALI...."
DAN LAIN-LAIN . . .

Jangan sekali-kali ucapkan seperti itu dalam benak anda. Secara tak sadar, otak anda akan merespon dan akhirnya mempersusah anda dalam menerima materi jika awalnya anda mengatakan seperti itu.. Tanamkan pada diri anda terus-menerus bahwa bahasa Perancis adalah bahasa yang mudah dimengerti, bahasa yang menyenangkan,yang mengasyikan,dll. Dengan begitu Insya Allah, anda akan mudah mempelajari,meresapi dan memahami yang berujung pada penguasaan anda terhadap bahasa Perancis!

JANGAN KATAKAN BAHASA PERANCIS ITU SULIT DAN SUSAH TETAPI KATAKANLAH "BAHASA INI MENANTANG!"

Sekedar Muqadimmah


Halo semua!! dan Assalamualaikum untuk saudaraku yang muslim dan muslimah.
Blog ini bertujuan untuk menjadi semacam "buku harian" elektroniku yang bisa diganti,dimodifikasi kapan saja, sehingga menjadi buku harian yang fleksibel serta tidak kaku.

PERKENALKAN..

Aku Brahmantio Rendra Nugraha, orang-orang banyak memanggilku Rendra dan tak jarang pula ada yang memanggilku "Bram, dan Tio." Aku lahir di Indonesia (pasti) tepatnya di kota pahlawan, Surabaya. 10 September adalah tanggal dimana manusia bernamakan Rendra Nugraha dilahirkan berayah Tri Tjandra Purwanugraha, dan beribu Sri Utami. Aku anak terkahir dari 3 bersaudara, dan semuanya perempuan. Kakak pertama ku bernama Ardelia Fitriani serta kakak kedua ku bernama Felita Elviani. Jadinya, aku anak terakhir dari keluarga dan wangsa sederhana, Nugraha.
Kamera 360: Bersama ARDELIA FITRIANI

     Aku mengenyam pendidikan pertamaku di TK-Pengawas (lupa nomornya -_-') lalu dipindahkan oleh bu Sri Utami ke TK-Yaa Bunaya, karena beberapa alasan. Setelah lulus dari taman kanak-kanak, aku melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SD (Sekolah Dasar) kebetulan sd-nya dan tk-nya satu komplek jadi ya,, tetap di situ tidak berpindah kurang lebih selama 8 tahun (WEEWW). Hidup pun tak berhenti sampai disitu, aku melanjutkan SMP-ku di SPEMMA (SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA) karena dahulu ceritanya aku bingung menentukan sekolahku setelah aku lulus dari sd, saking bingung dan "ngeblank"nya, ortuku mendaftarkanku di SPEMMA yang kebetulan berada di Jl.Pucang (SPEMMA TERKENAL !!). 
Kamera 360: Bersama Felita Elviani
Ternyata eh ternyata, aku masuk ke SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.. Dan satu komplek lagi... :D Mengulangi sejarah dulu sebelum jadi siswa smp.... 

    Oiya, aku itu orangnya suka sesuatu yang berbau sejarah, SANGAT SUKA. Jadi yahh gitu, anda tahu sendiri jika ada seseorang yang menggemari sesuatu dengan sangatnya..
 
   Aku suka warna biru karibia, dan hijau sabana. Dan mungkin dari kalian ada yang bertanya, "Lantas mengapa menggunakan warna kuning blognya??" Kenapa aku milih kuning? karena filosofi warna kuning adalah tentang perasaan, dan kebetulan pas untuk digunakan di blog-blog (atau semacamnya) yang bertema tentang kesedihan atau bisa dikatakan perasaan yang mendalam.

SELAMAT MENIKMATI BLOGKU SELAMAT MENIKMATI BLOGKU SELAMAT MENIKMATI BLOGKU




Sebelumnya, aku membuat blog ini untuk diary-ku semata, jadi jika ada seseorang yang merasa tersinggung, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya...

Dan untuk anda manusia-manusia yang gemar bahasa, maafkan saya apabila kosakata,penulisan serta baku tidaknya suatu kata jika dalam blog ini terdapat banyak kesalahan.

Diberdayakan oleh Blogger.